Selasa, 02 November 2010

Sederhana, Sertijab Pengurus OSIS SMP 1 Jati Kudus

Sederhana, Sertijab Pengurus
OSIS SMP 1 Jati Kudus

Sekalipun lebih dikenal dengan istilah serah terima jabatan (sertijab), yang agaknya terkesan agak mentereng, perubahan suksesi kepemimpinan organisasi siswa intra sekolah (OSIS) sekolah menengah pertama (SMP) 1 Jati Kudus, Jawa Tengah (Jateng), yang dilaksanakan Senin (1/11), berlangsung dengan sangat sederhana. Tak ada umbul-umbul. Tak ada spanduk. Dan, tak ada tanda-tanda lain yang mengisyaratkan ada acara sertijab.

Sertijab itu dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan upacara bendera hari Senin. Berlangsung di tengah lapangan upacara. Dengan demikian, sertijab dan sekaligus pelantikan pengurus OSIS baru untuk tahun akademik 2010/2011 itu, disaksikan oleh semua warga sekolah.

Prosesi sederhana yang melibatkan pengurus inti OSIS 2009/2010 dan 2010/2011 dalam formasi barisan di tengah-tengah peserta upacara, berlangsung sangat cepat. Bendera OSIS dan selempang warna kuning (simbol kepengurusan) yang awalnya berada di Ketua OSIS 2009/2010 diserahkan kepada Ketua OSIS 2010/2011 oleh kepala sekolah. Yang, sebelumnya dibacakan susunan pengurus OSIS 2010/2011. Begitu usai penyerahan simbol-simbol kepengurusan itu, selesai sudah prosesi sertijab. Formasi barisan kembali ke tempat semula, di samping salah satu barisan peserta upacara.

Dalam amanat, kepala sekolah, Marjono, S.Pd., menyampaikan ucapan terima kasih kepada pengurus OSIS lama (2009/2010) dan ucapan selamat bertugas kepada pengurus OSIS baru (2010/2011). Dipesankan, segala yang pernah dilakukan secara baik oleh OSIS lama hendaknya dapat diteladani oleh OSIS baru. Bahkan, perlu ada peningkatan-peningkatan kekaryaan dalam berorganisasi demi kemajuan pendidikan.

Kesederhanaan itu semakin jelas karena tak ada makan-makan setelah sertijab, seperti yang sering berlaku di sertijab-sertijab pejabat (politik) pemerintah di bumi pertiwi ini. Juga tak ada ramah tamah. Namun, guru-guru memberi ucapan selamat kepada OSIS lama maupun baru. Dan, siswa didik selanjutnya kembali bergumul dengan pembelajaran di kelas masing-masing. Selamat OSIS baru, di depan telah banyak kegiatan menanti untuk ditangani!

6 komentar:

  1. syukurlah...kesederhanaan yang seperti ini sepertinya telah jarang Pak, sekarang sedikit-sedikit makan-makan atau minum-minum. semoga tradisinya terus bagus.

    BalasHapus
  2. Sertijab ya....
    di sekolah saya juga tinggal beberapa minggu lagi bakal serah terima jabatan osis lama ke osis baru Pak....

    mohon do'anya ya Pak...
    agar berjalan dengan lancar...

    BalasHapus
  3. kesederhanaan seperti itu sangat membekas bagimereka yang melaksanakan pak, perlu di lestarikan, sekolah saya malah gak pernah lagi ada seperti ini...jadi ngiri pingin bisa ambil bagian lagi
    sukses untuk anak-anakku calon pemimpin

    BalasHapus
  4. semoga bisa bertanggung jawab mengemban tugasnya. :)

    BalasHapus
  5. selamat dan sukses atas pelantikan pengurus osis yang baru, semoga dapat menjalankan program2nya dengan baik. acara sederhana ini justru perlu dibudayakan, pak, agar anak2 terbiasa juga utk hidup sederhana. bukankah ini merupakan aplikasi langsung dari pendidikan karakter?

    BalasHapus
  6. oktavian andre kusuma23 September 2011 16.49

    pak sungkowo aku kangend kamu :D

    BalasHapus

""